Sabtu, 21 Januari 2012

Mengenal Internet


International  networking, yang dapat disingkat dengan kata internet. Merupakan dua computer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan computer hingga meliputi jutaan computer di dunia (international),yang saling berinteraksi dan saling bertukar informasi.

Permulaan internet merupakan suatu jaringan computer yang dibentuk oleh departemen pertahan amerika di awal 60-an,dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software computer yang berbasis UNIX, kita bias berkomunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Awalnya internet dikenal sebagai suatu wadah bagi para peneli untuj saling bertukar informasi yang kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan – perusahaan komersil sebagai sarana bisnis mereka, saat ini pengguna internet tersebar di seluruh dunia dengan jumlah mencapai lebih dari 250 juta orang.
Fasilitas internaet

Saat ini jika orang berbicara tentang internet, yang mereka maksud adalah bagian dari internet yang disebut Word Wide Web (www), Pada kenyataanya internet mempunyai banyak bagian yang lain,yakni :

Worl Wide Web
Disingkat Web, bagian yang paling menerik dari internet, melalui web kita bias mengakses informasi – informasi tidak hanya berupa teks,tetapi juga gambar – gambar, sura, film, dan lain-lain.

Elektronic  Mail
Disingkat E-mail yakni merupakan suatu elektronik yang di kirimkan melalui internet, dengan fasilitas ini kita bias mengirim atau menerima email dari dan pengguna internet diseluruh dunia.

Telnet
Dengan menggunakan kita bias menggunakan computer untuk berhubungan dengan computer orang lain dan mencari atau mengambil informasi – informasi yang ada di computer tersebut.


File Transfer Protokol (FTP)

Melalui software FTP, anda dapat mengirim data atau file dari satu computer kekomputer lain, proses mengirim file dari satu computer ke computer anda di sebut dengan proses upload, jika anda pernah membuet home page maka kata up load tentu tidak asing lagi.

Gopher
Adalah system dimana pemakai tidak dapat mengakses informasi  di computer lain, beda gopher dengan web gopher tidak bisa menampilkan gambar, melainkan teks. Oleh karena itu, gopher mulai di tinggal oleh pengguna internet.

Chat Group/internet Relay Chat (IRC)
Adalah forum dimana pemakai dapat saling berdiskusi atau berbincang – bincang dengan pemakai lain.

Newgroup
Disebut juga sebagai ruang percakapan bagi para anggota yang mempunyai kepentingan sama, di internet tersedia berbagai macam – macam newsgroup dengan masalah yang berlainan. Untuk Untuk dapat menikmati fasilitas ini, kita harus terkoneksi ke ISP,yang menyediakan fasilitas newsgroup, karena tidak semua ISP menyediakannya.



Apapun fasilitas yang anda gunakan, semuanya merupakan bagian dari internet , melalui fasilitas dari internet ini kita dapat melakukan banyak hal yang akan menambah pengetahuan dan wawasan kita.

   Syarat Terhubung Ke Internet

Untuk terhubung dengan internet harus mempunyai computer, internet adalah jaringan computer, oleh karena itu jalan satu satunya untuk tehubung kepada internet adalah melalui computer. Selai itu juga di perlukan hard disk yang berisi soft ware untuk terhubung dengan internet service provider dan internet seperti web browser, dan hard disk untuk menyimpan informasi – informasi yang anda down load.

0 komentar:

Posting Komentar